Anticipation adalah
sebuah prinsip animasi dimana kita sebagai animator memberikan tanda pada
penontonmengenai apa yang akan dilakukan oleh si karakter. Anticipation ini
biasa digunakan sebagai transisi dari 2 major actions, misal di antara posisi
berdiri dan berlari.
Dari gambar di atas, kita sudah bisa menebak dengan pasti apa
yang akan dilakukan oleh si Donald Duck, dia akan berlari. Inilah yang dimaksud
sebagai Anticipation sebagai transisi dari 2 major actions (dalam kasus ini
berdiri dan berlari) sehingga penonton tahu apa yang akan dilakukan oleh si
karakter.
Kita bisa perhatikan bagaimana gerakan anticipation yang
dibuat selalu adalah kebalikan dari gerakan berikutnya. Jika gerakan berikutnya
ke arah atas, anticipationnya akan ke bawah, dll.
Anticipation boleh juga dianggap sebagai persiapan/ awalan gerak atau
ancang-ancang. Seseorang yang bangkit dari duduk harus membungkukkan badannya
terlebih dahulu sebelum benar-benar berdiri. Pada gerakan memukul, sebelum
tangan ‘maju’ harus ada gerakan ‘mundur’ dulu
Straight
Ahead yaitu membuat animasi dengan
cara seorang animator menggambar satu per satu, frame by frame,
dari awal sampai selesai seorang diri. Teknik ini memiliki kelebihan: kualitas
gambar yang konsisten karena dikerjakan oleh satu orang saja. Tetapi memiliki
kekurangan: waktu pengerjaan yang lama.
Straight ahead
adalah metode dengan menggambar secara berurutan, dari gambar pertama, kedua,
ketiga, dan seterusnya. Dimana gambar awal sampai dengan gambar akhir
menunjukan satu rangkaian gerakan yang sangat jelas maksud dan tujuannya. Yang
termasuk dalam prinsip ini adalah (dalam gerakan gambar inbetween/ gambar di
antara 2 key pose) perubahan volume, ukuran, proporsi, bahkan juga bisa berupa
gerakan yang lebih liar dan spontan
Contohnya
adalah film animasi buatan William Kentridge yang menggambar dengan karbon pada
lembaran kertas yang besar.
Komentar
Posting Komentar